SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI SUNGAI BERINGIN

Artikel

Sejarah Nagari Sungai Beringin

26 Agustus 2016 22:38:09  Administrator  71 Kali Dibaca 

Nama Nagari Sungai Beringin diambil dari suatu tempat dimana pertama kali Nenek Moyang yang datang dari Pariangan Padang Panjang setelah menyeberang sungai (Batang Lampasi) rombongan sampai disebuah bukit untuk beristirahat sejenak. Kemudian perjalanan mereka lanjutkan kearah bukit yang lebih tinggi. Disana rombongan mendengar suara binatang yang hiruk pikuk, suara dari hewan Beruk (sejenis kera/Monyet) yang amat banyak, sehingga bukit tersebut dinamakan Gelanggang Beruk. Selanjutnya rombongan menuruni bukit tersebut dan menemukan sebuah sumur yang berada dibawah pohon beringin dan airnya sangat jernih.

Disanalah rombongan mulai membangun sebuah Koto yang dinamakan Koto Tuo, Lama kelamaan daerah tersebut berkembang hingga ke ateh koto (Koto Diateh). Kemudian masyarakat sepakat menamakan Nagari dengan sebutan Nagari Sungai Beringin yang asal usulnya dari Sungai dan sumur dibawah beringin. Dan sumur tersebut sampai sekarang masih dimanfaatkan oleh masyarakat.

Demikian selanyang pandang atau sejarah singkat Nagari Sungai Beringin yang dapat kami sampaikan kepada para pegiat Medsos, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Belum ada agenda

Sinergi Program

Aparatur Nagari

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Sungai Beringin
Nagari : Sungai Beringin
Kecamatan : Payakumbuh
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 83355
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:15
    Kemarin:11
    Total Pengunjung:4.346
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.59.99.10
    Browser:Mozilla 5.0